Karakteristik penting dari ekonomi digital yang harus diketahui dan dipahami oleh para praktisi manajamen, yaitu: Knowledge, Digitazion, Virtualization, Molecularization, Internetworking, Disintermediation, Convergence, Innoavation, Prosumption,Immediacy.
1.
Knowledge
Ø Adanya
faktor pengetahuan (knowledge) pada perusahaan yang merupakan jenis sumber daya
terpenting yang harus dimiliki organisasi.
Ø kemajuan
teknologi telah mampu menciptakan berbagai produk kecerdasan buatan (artificial
intelligence) yang pada dasrnya mampu membantu manajemen dan staf perusahaan
untuk meningkatkan kemampuan intelegensianya (knowledge leveraging).
Ø Contoh
produk perangkat lunak dan perangkat keras yang dapat menjadi sistem penunjang
pengambilan keputusan adalah decision support system dan expert system.
Ø Konsep
knowledge management akan menjadi kunci keberhasilan sebuah perusahaan di era
ini.
2.
Digitization
Ø Merupakan
suatu proses transformasi informasi dari berbagai bentuk menjadi format digit
atau direpresentasikan ke dalam format kumpulan bit sehingga dapat dengan mudah
disimpan dan dipertukarkan melalui media elektronik
Ø Contohnya:
bentuk gambar dua dimensi seperti lukisan dan foto telah dapat
direpresentasikan ke dalam format kumpulan bit sehingga dapat dengan mudah
disimpan dan dipertukarkan melalui media elektronik.
Ø Jika
produk dan jasa yang ditawarkan dapat direpresentasikan dalam bentuk digital,
maka perusahaan dapat dengan mudah dan murah menawarkan produk dan jasanya ke
seluruh dunia.
Ø Seperti:
Electronic publishing, virtual book store, internet banking, dan telemedicine
merupakan contoh berbagai produk dan jasa yang dapat ditawarkan di internet.
3.
Virtualization
Ø Di
dunia maya dikenal istilah virtualiasasi yang memungkinkan seseorang untuk
memulai bisnisnya dengan perangkat sederhana dan dapat menjangkau seluruh calon
pelanggan di dunia
Ø Di
dalam dunia maya, seorang pelanggan hanya berhadapan dengan sebuah situs
internet sebagai sebuah perusahaan (business to consumer), demikian pula relasi
antara berbagai perusahaan yang ingin saling bekerja sama (business to
business).
Ø Dalam
menjalin hubungan ini, proses yang terjadi lebih pada transaksi adalah
pertukaran data dan informasi secara virtual, tanpa kehadiran fisik antara
pihak-pihak atau individu yang melakukan transaksi.
4.
Molecularization
Ø Bentuk
molekul merupakan suatu sistem dimana organisasi dapat dengan mudah beradaptasi
dengan setiap perubahan dinamis yang terjadi di lingkungan sekitar perusahaan.
Ø Mayoritas
organisasi dikelola dengan menggunakan konsep struktur hirarkis atau yang lebih
maju lagi struktur matriks.
Ø Kedua
konsep ini sangat rentan terhadap perubahan sehingga akan memperlambat gerak
perusahaan dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan pasar.
5.
Internetworking
Ø Perlu
diketahui Tidak ada perusahaan yang dapat bekerja sendiri tanpa menjalin kerja
sama dengan pihak-pihak lain,
Ø Contoh
dari pihak-pihak yang umum dijadikan sebagai rekanan adalah vendor teknologi,
content partners, merchants, pemasok (supplier), dan lain sebagainya.
Ø Konsep
bisnis yang ingin menguasai sumber daya sendiri dari hulu ke hilir tidak akan
bertahan lama di dalam ekonomi digital.
6.
Disintermediation (Tanpa Mediasi)
Ø Kecenderungan
berkurangnya mediator (broker) sebagai perantara terjadinya transaksi antara
pemasok dan pelanggan
Ø Contohnya
mediator-mediator dalam aktivitas ekonomi adalah wholesalers, retailers,
broadcasters, record companies, dan lain sebagainya.
Ø Perusahaanperusahaan
klasik yang menggantungkan diri sebagai mediator dengan sendirinya terpaksa
harus gulung tikar dengan adanya bisnis internet.
Ø Pasar
bebas memungkinkan terjadinya transaksi antar individu tanpa harus melibatkan
pihak-pihak lain.
7.
Convergence (Penggabungan)
Ø Kunci
sukses perusahaan dalam bisnis internet terletak pada tingkat kemampuan dan
kualitas perusahaan dalam mengkonvergensikan tiga sektor industri, yaitu:
computing, communications, dan content.
Ø Komputer
yang merupakan inti dari industri computing merupakan pusat syaraf pengolahan
data dan informasi yang dibutuhkan dalam melakukan transaksi usaha
Ø Produk
industri communications yang paling relevan adalah infrastruktur teknologi
informasi dan komunikasi sebagai pipa penyaluran data dan informasi dari satu
tempat ke tempat lainnya. →Persaingan sesungguhnya terletak pada industri
content yang merupakan jenis pelayanan atau jasa yang ditawarkan sebuah
perusahaan kepada pasar di dunia maya.
8.
Innovation
Ø Harus
memiliki inovasi secara cepat dan terus-menerus dibutuhkan agar sebuah
perusahaan dapat bertahan.
Ø Karna
dalam aktivitas internet bisnis 24 jam, bukan 8 jam, sehingga dalam suatu
perusahaan haru selalu memiliki inovasi seperti layanya peruasahaan yang besar.
9.
Prosumption
Ø Kecenderungan
Konsumen yang juga Menjadi Produsen .
Ø Hampir
semua konsumen teknologi informasi dapat dengan mudah menjadi produsen yang
siap menawarkan produk dan jasanya kepada masyarakat dan komunitas bisnis.
10.
Immediacy (cepat tanggap dan peka)
Ø 3
karakter utama dalam memilih perusahaan: cheaper, better, dan faster.
Ø Mengingat
bahwa switching cost di internet sangat mudah dan murah, maka pelanggan akan
terus menerus mencari perusahaan yang paling memberikan benefit tertinggi
baginya
Ø Melihat
hal inilah maka perusahaan harus selalu peka terhadap berbagai kebutuhan
pelanggan yang membutuhkan kepuasan pelayanan tertentu.
Komentar
Posting Komentar