Pertemuan 2 ~ Sistem Informasi Bisnis | ATURAN DASAR (SI) DALAM BISNIS dan KELEMAHAN DALAM SYSTEM INFORMASI BISNIS DI PERUSAHAAN
Istilah TI ( Teknologi Informasi ) atau IT ( Information Technology ) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI ( Sistem Informasi ) atau IS (Information System ). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. TI memang secara nota bene lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer yang tengah terus berkembang pesat. Sebuah Sistem TI atau selanjutnya akan disebut STI, pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI. Berurutan dari dasar adalah : konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.
ATURAN DASAR (SI) DALAM BISNIS
Terdapat 3 hal Vital Dalam aturan dasar Sistem Informasi pada Bisnis, yaitu :
1. Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis.
-> Dukungan terhadap proses dan Operasi Bisnis adalah aturan yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan karena akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan menentukan baik buruknya kualitas perusahaan tersebut .
2. Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer.
-> Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer adalah sebuah aturan yang mendukung untuk maju tidaknya perusahaan tersebut, karena sebuah pengambilan keputusan dapat menentukan kualitas dari perusahaan tersebut.
3. Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing.
-> Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing adalah aturan yang vital dalam sebuah perusahaan karena sebuah strategi dalam bisnis menentukan kesuksesan perusahaan tersebut.
KELEMAHAN DALAM SYSTEM INFORMASI BISNIS DI PERUSAHAAN
1. Kerentanan/kelemahan dan penyalahgunaan di computer pengguna atau clien.
->Contoh ancamannya : Akses tanpa izin, Virus, adanya vulnerability
2. Kerentanan/kelemahan dan penyalahgunaan di jalur komunikasi.
-> Contoh ancamannya : Tapping, Stuffing, Penggantian pesan, Pencurian/penipuan, Radiasi
3. Kerentanan/kelemahan dan penyalahgunaan di server perusahan.
-> Contoh ancamannya : Hacking, Virus dan Worm, Pencurian dan penipuan, Vandalisme, Serangan Denial of service.
4. Kerentanan/kelemahan dan penyalahgunaan di system perusahaan.
-> Contoh ancamannya : Pencurian data perusahaan, Penyalinan data perusahaan, Pengubahan data perusahaan, Kegagalan perangkat keras, Pencurian perangkat keras perusahaan, Kegagalan perangkat lunak.
Komentar
Posting Komentar