Seiring kemajuan teknologi di bidang komunikasi atau di bidang internet membuat kita semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas dan membuat orang-orang berlomba dalam membuat suatu yang baru dalam hal apasaja termasuk dalam hal berbelanja atau istilah baratnya shopping. Belakang-belakangan ini semakin marak yang namanya belanja online atau online store di Indonesia dikarenakan belanja online memiliki konsep untuk memudahkan orang-orang dalam berbelanja. Sekarang ini sudah banyak situs-situs belanja online yang menyediakan alat-alat elektronik, computer, gadget, pakaian, sepatu, aksesoris, dll. Dibawah ini saya akan menjelaskan suatu situs berbelanja online atau online shop yaitu, Zalora.com versi Indonesia yaitu Zalora.co.id (Zalora Indonesia).
ZALORA
v Sejarah
Zalora.com (Versi Internasional) atau Zalora.co.id (Zalora
Indonesia). ZALORA, adalah sebuah toko online yang baru-baru ini ikut
meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. ZALORA Indonesia adalah situs web
belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk
berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang
didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora
Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam,
Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. ZALORA adalah partner dari
toko barang elektronik Lazada.co.id. Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di
Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng
Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia).
v Perkembangan
Situs belanja online ini merupakan salah
satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia
namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti
Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan
FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan
berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua
orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam
memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti
melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
Saat ini Zalora sudah memasarkan
produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada
Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna
yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru
dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion
terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses
informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan
produk.
Lebih jauh lagi, kemampuan built-in
dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik,
salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke
dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan
aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.
v Sistem Penjualan Zalora
Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer)
dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora
ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara
fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu,
tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan
produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional.
Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
1.
Menawarkan
sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera
dan
Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 .
Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan Nusa
Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2.
Sistem COD di
berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan
COD menggunakan debit card dan credit
card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3.
30 hari
garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan,
bantuan, dan belanjam via telepon dengan nomor : 021-29490100
- Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
- Sabtu : 09.00 - 13.00 WIB
email : help@zalora.co.id
v Waktu Pengiriman
WAKTU
PEMESANAN |
PENGIRIMAN |
ESTIMASI
PENERIMAAN ORDER |
Senin - Jumat, Sebelum 18.00 |
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja,
luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari pemesanan). |
Order Anda
akan sampai diantara Senin - Sabtu. |
Senin - Jumat, Setelah 18.00 |
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja,
luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya). |
|
Sabtu dan Minggu |
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja,
luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya). |
v Cara Pembelian di Zalora
1.
Masuk ke http://www.zalora.co.id.
- Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung
klik produk yang diinginkan.
- Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik
Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
- Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli,
klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
- Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah
memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki
akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
- Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan
menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
- Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan
data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
- Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran
yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau
kartu kredit).
- Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang
ingin Anda pesan sudah sesuai.
- Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi
dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda
bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.
v Keamanan
Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara
melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak
percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas
COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora
menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.
ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan
aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
- Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
- Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk
mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
- Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami
tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi
ZALORA menggunakan teknologi 128 -
bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda.
128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya
satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri.
Mereview manfaat e – commerce
1.
Fleksibilitas
Sometimes, mempunyai toko secara fisik dapat mengkonsumsi waktu banyak. Karena itu, kehidupan sehari-hari Anda menjadi kurang fleksibel. Dengan e-commerce, Anda tidak hanya dapat memiliki waktu yang lebih banyak, tapi fleksibel secara finansial juga karena tidak mengkhawatirkan uang sewa toko dan lain lain.
2.
Memperluas jangkauan calon konsumen
Dengan
meningkatnya bisnis e-commerce maka pemasaran yang dilakukan oleh penjual akan
semakin luas tidak hanya menjangkau daerah Anda sendiri , Anda sebagai penjual
bisa menjual barang ke manapun , dan konsumen di manapun .
Tentunya
dengan jangkauan pasar yang luas maka tingkat konversi penjualan akan semakin
meningkat dengan pesat apalagi jika barang Anda banyak di sukai konsumen maka
brand dari toko Anda akan mudah di kenal masyarakat .
Tentunya akan mendorong bisnis Anda untuk terus maju kedepan , tidak hanya stagnan . itulah manfaat e-commerce bagi masyarakat yang akan di rasakan nantinya .
3.
Mempermudah pemasaran dan promosi
Ketika Anda jualan online lewat e-c0mmerce, tentu Anda bisa mempromosikannya di berbagai media sosial, atau membuat iklan khusus untuk meningkatkan pendapatan. Sama halnya ketika Anda menggunakan GoStore, Anda pun bisa menghubungkan website toko online Anda ke media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Selain bisa memudahkan pelanggan dalam membeli produk yang diinginkan, tentu Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meraih lebih banyak penghasilan.
4.
Proses e – commerce lebih mudah dilakukan
Lebih mudah saat akan belanja karena bias dilakukan di mana saja dan kapan saja.
5.
Pembayaran dapat dilakukan secara online
Saat ini pembayaran melalui media
elektronik sangat sering digunakan terutama saat sebagian orang merasa malas
atau terlalu sibuk dengan kegiatan di rumah ataupun di kantor. Oleh karena itu,
banyak yang memanfaatkan website e-commerce sebagai sarana untuk melakukan transaksi
yang saat ini telah dilengkapi dengan fitur dompet digital.
Dompet digital saat ini sangat populer
di masyarakat Indonesia dan di berbagai penjuru dunia. Contohnya yang sedang
populer saat ini adalah GoPay, OVO, Dana, dan lain sebagainya.
Selain menggunakan fitur dompet digital
ataupun melalui COD, pembayaran juga dapat dilakukan dengan via rekening.
Pembayaran dengan metode ini sangat sering dijumpai dan dilakukan oleh sebagian
orang yang memiliki ATM di sebuah bank konvensional maupun non
konvensional.
Aktivitas ini sangat mudah untuk dilakukan karena, pembeli atau user hanya akan mengintegrasikan nomor rekening dari bank untuk dapat diakses oleh website e-commerce.
6.
Menyebarkan informasi
yang begitu mudah dilakukan
memudahkan bagi para pebisnis untuk menyebarkan informasi,
baik itu tentang produk mereka ataupun layanan mereka. Apalagi internet sudah
digunakan oleh hampir semua orang.
Komentar
Posting Komentar